Manfaat Just Lidah Buaya (Aloe Vera) Bagi Kesehatan


Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera sudah terkenal sebagai bahan perawatan tubuh mulai dari sabun mandi, shampoo, cream dan lain sebagainya. Lidah buaya ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lidah buaya dapat dikonsumsi langsung sebagai makanan namun pada umumnya lidah buaya diminum dalam bentuk jus.

Beberapa manfaat lidah buaya dalam bentuk jus antara lain:

1. Membuang racun (detox). Lidah buaya kaya akan vitamin, mineral dan unsur hara yang diperlukan tubuh sehingga dapat membantu membuang racun dalam tubuh kita. 

2. Membantu pencernaan. Lidah buaya mempunyai kemampuan alami membuang racun sehingga melancarkan kerja usus (melancarkan BAB) dan meningkatkan serapan protein.


3. Meningkatkan kekebalan tubuh. Lidah buaya kaya akan antioksidan yang membantu kekebalan tubuh melawan radikal bebas  di dalam tubuh yang merupakan sumber berbagai penyakit.

4. Mencegah dan mengurangi peradangan. Lidah buaya juga membantu mobilitas sendi dan otot.

5.  Memperbaiki collagen dan elastin pada kulit. Lidah buaya membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga menunda efek penuaan dan membantu menyembuhkan berbagai iritasi ringan pada kulit.

 6. Membantu mempertahankan berat badan. Lidah buaya membantu membersihkan sistem pencernaan dari bahan makanan yang dapat merugikan tubuh, sehingga meningkatkan kebugaran tubuh.

7. Memberikan suplai harian vitamin. Lidah buaya mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, Asam Folat and Niasin. Tubuh manusia tidak dapat menyimpan vitamin sehingga tubuh perlu mendapat suplai vitamin secara teratur melalui makanan.

8. Memberikan suplai harian mineral. Lidah buaya mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh antara lain kalsium, sodium, besi, potassium, mangan, magnesium, chrom, copper dan zinc.

9. Memberikan suplai asam amino. Tubuh manusia memerlukan 20 macam asam amino (8 diantaranya adalah asam amino esensial). Lidah buaya mengandung 19 macam asam amino tersebut (7 diantaranya adalah asam amino esensial). 

10. Menyehatkan gigi. Lidah buaya sangat membantu menyehatkan mulut dan gusi. Lidah buaya mengandung bahan anti-bakteri dan anti-mikroba alami. Lidah buaya juga digunakan sebagai bahan obat karena berkhasiat menyembuhkan radang gusi dan mulut jendela informasi.

Manfaat  lainnya dari Juice Lidah Buaya dan madu lebah untuk mengatasi berbagai penyakit,antara lain :

* Panas dalam

* Sakit Perut
* Susah Buang Air Kecil
* Infeksi saluran pernafasan
* Diabetes mellitus
* Masuk angin
* Flek hitam, keriput pada wajah
* Luka bakar
* Kolesterol tinggi
* Sembelit anak
* Rematik
* Bronchitis
* Radang vagina, radang tenggorokan, radang mata, radang lambung
* Epilepsi
* Asma, batuk rejan